.Komunikasi
adalah kegiatan atau proses mengekspresikan ide dan perasaan atau memberi
informasi kepada orang lain. Komponen komunikasi terdiri dari pengirim (Sender), penerima, media atau
saluran komunikasi, isi pesan, umpan balik (feedback) dan kebisingan atau gangguan (Noise)
Jika ingin bisnis anda berhasil, maka anda harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mengapa demikian? Karena kita tahu bahwa dalam bisnis selalu melibatkan manusia atau masyarakat, seperti pelanggan anda adalah manusia, Pemasok/suplier anda juga manusia, dan mitra bisnis anda juga manusia, jadi masyarakat dapat membuat anda maju atau hancur. Hal ini tergantung pada kemampuan Anda dalam berkomunikasi untuk mendapatkan mereka untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Komunikasi yang efektif adalah keterampilan yang Anda harus kuasai, karena komunikator yang efektif adalah master pembujuk.
Berikut adalah 5 prinsip dalam membangun komunikasi yang efektif:
REACH (Respect, Empathy, Audible, Clarity, Humble):
- Menghormati, menghormati orang lain. Dale Carnegie mengatakan "Berikan kejujuran dan tulus dalam memberikan penghargaan kepada orang lain: membuat orang lain merasa penting dan melakukannya dengan tulus". Apabila anda ingin dihargai orang lain maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah menghargai orang lain.
- Empati, komunikasi emphathic adalah mendengarkan dengan dengan maksud untuk memahami orang lain.
- Audible, ini adalah tentang bagaimana pesan dikirimke penerima terkait dengan saluran komunikasi yang dipakai.
- Kejelasan dalam penyampaian pesan, Isi pesan harus jelas dan mudah dimengerti.
- Sederhana (Humble).
0 komentar:
Post a Comment