Translate

5 prinsip dalam membangun komunikasi yang efektif


.Komunikasi adalah kegiatan atau proses mengekspresikan ide dan perasaan atau memberi informasi kepada orang lain. Komponen komunikasi terdiri dari  pengirim (Sender), penerima, media atau saluran komunikasi, isi pesan, umpan balik (feedback) dan kebisingan atau gangguan (Noise)

Jika  ingin bisnis anda  berhasil, maka anda harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mengapa demikian? Karena kita tahu bahwa dalam bisnis selalu melibatkan manusia atau masyarakat, seperti  pelanggan anda adalah manusia,  Pemasok/suplier anda juga manusia, dan mitra bisnis anda juga  manusia, jadi masyarakat  dapat membuat anda maju atau hancur. Hal ini tergantung pada kemampuan Anda dalam berkomunikasi untuk mendapatkan mereka untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Komunikasi yang efektif adalah keterampilan yang Anda harus kuasai, karena komunikator yang efektif adalah master pembujuk.

Berikut adalah 5 prinsip dalam membangun komunikasi yang efektif: 
REACH (Respect, Empathy, Audible, Clarity, Humble):
  1. Menghormati, menghormati orang lain. Dale Carnegie mengatakan "Berikan kejujuran ​​dan tulus dalam memberikan penghargaan kepada orang lain: membuat orang lain merasa penting dan melakukannya dengan tulus". Apabila anda ingin dihargai orang lain maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah menghargai orang lain.
  2.  Empati, komunikasi emphathic adalah mendengarkan  dengan dengan maksud untuk memahami orang lain.
  3. Audible, ini adalah tentang bagaimana pesan dikirimke penerima terkait dengan saluran komunikasi yang dipakai.
  4. Kejelasan dalam penyampaian pesan, Isi pesan harus jelas dan mudah dimengerti.
  5. Sederhana (Humble).

0 komentar:

 
© 2009 Belajar & Berbagi Pengetahuan | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan