Saat anda akan memulai untuk mencari perhatian dari orang lain atau masyarakat maka mulailah dengan cerita yang mengesankan dan buatlah orang lain untuk terus memperhatikan. Cerita dapat digunakan untuk meningkatkan peluang dalam segala hal sebagai suatu teknik rahasia untuk mencapai kemenangan. Hal ini dikarenakan, cerita yang menarik dan menyentuh hati akan bisa memberikan pengaruh yang luar biasa kepada pembaca atau pendengarnya, sehingga orang akan mudah mengikuti ide yang disampaikan oleh pembuat cerita. Apabila orang lain bersedia mengikuti dengan ide yang kita sampaikan artinya kita sukses menaklukan hatinya. Menurut para pakar, cerita yang baik merupakan suatu teknik komunikasi yang efektif yang bisa mempengaruhi orang lain yang mendengarkan. Alasannya adalah karena kita ini pada dasarnya adalah makluk naratif, kita menyukai cerita, baik itu gosip, cerita romantis yang menggairahkan, cerita horor, gurauan, obrolan santai ataupun cerita biasa lainnya.
Kekuatan cerita sebenarnya sudah banyak dimanfaatkan oleh nenek moyang kita. Jadi sebenarnya cerita adalah salah satu teknik kuno komunikasi yang masih efektif. Terbukti banyaknya cerita mitos, legenda yang sampai saat ini masih dipercaya dan dipegang kuat oleh masyarakat. Tujuan dari nenek moyang adalah ingin menyampaikan pesan moral agar kita dapat menghargai sesama manusia, menjaga kelesetarian lingkungan, menghormati orang tua dan pesan-pesan lainnya.
Bagaimana cara mengaplikasikan teknik ini..? Misalkan anda seorang penjual sebuah obat diabetes, tentunya supaya sukses dalam menawarkan obat tersebut kepada seseorang maka akan lebih efektif apabila anda memulainya dengan sebuah cerita yang menceritakan kisah sukses seorang pasien misal pak A atau Bu B yang awalnya hampir putus asa dengan penyakitnya, lalu kemudian menemukan produk ini dan mulai mengkonsumsinya dan ternyata sembuh.intinya adalah buatlah orang berkesan dengan cerita anda. Namun saran saya jangan terlalu berlebihan sehingga malah membuat orang jadi terkesan tidak percaya.
Kekuatan cerita sebenarnya sudah banyak dimanfaatkan oleh nenek moyang kita. Jadi sebenarnya cerita adalah salah satu teknik kuno komunikasi yang masih efektif. Terbukti banyaknya cerita mitos, legenda yang sampai saat ini masih dipercaya dan dipegang kuat oleh masyarakat. Tujuan dari nenek moyang adalah ingin menyampaikan pesan moral agar kita dapat menghargai sesama manusia, menjaga kelesetarian lingkungan, menghormati orang tua dan pesan-pesan lainnya.
Bagaimana cara mengaplikasikan teknik ini..? Misalkan anda seorang penjual sebuah obat diabetes, tentunya supaya sukses dalam menawarkan obat tersebut kepada seseorang maka akan lebih efektif apabila anda memulainya dengan sebuah cerita yang menceritakan kisah sukses seorang pasien misal pak A atau Bu B yang awalnya hampir putus asa dengan penyakitnya, lalu kemudian menemukan produk ini dan mulai mengkonsumsinya dan ternyata sembuh.intinya adalah buatlah orang berkesan dengan cerita anda. Namun saran saya jangan terlalu berlebihan sehingga malah membuat orang jadi terkesan tidak percaya.
0 komentar:
Post a Comment